Belajar Jaringan Komputer Untuk Para Pemula

Apa itu Jaringan Komputer ?

Jaringan Komputer adalah Kumpulan Komputer, Printer, dan Peralatan lainnya yang terhubung, proses Informasi dan pengiriman datanya bergerak melalui kabel-kabel atau nirkabel yang mana nantinya pengguna jaringan dapat menukarkan dokumen, mengirimkan dan mengambil data, menggunakan peralatan-peralatan secara bersamaan yang terhubung dalam jaringan.


Ada beberapa jenis Jaringan Komputer.
a. LAN (Local Area Network)
LAN (Local Area Network) adalah Jaringan yang berskala kecil atau Jaringan Area Lokal yang dihubungkan hanya beberapa buah komputer sehingga komputer-komputer yang terhubung dapat memakai printer atau perangkat keras yang terhubung dengan jaringan dan dapat mensharing data dari satu komputer ke komputer yang lain dengan bersama-sama. Sebagai contohnya yaitu jaringan yang terdapat di suatu kantor atau perusahaan.

b. MAN (Metropolitan Area Network)
MAN (Metropolitan Area Network) adalah Jaringan yang tidak beda jauh dari LAN dan Jaringan ini dapat menghubungkan beberapa buah jaringan kecil keruanglingkup yang lebih besar, MAN meliputi antara suatu kantor yang berdekatan contohnya seperti jaringan BANK yang ada di sebuah kota besar dapat berkomunikasi antara sesama kantor cabang.

c. WAN (Wide Area Network)
WAN (Wide Area Network) adalah suatu Jaringan yang berskala besar dan jaringan ini dapat menghubungkan jaringan antar wilayah, Negara, dan benua yang mana teknologi WAN sudah menggunakan sarana satelit dan kabel bawah laut yaitu seperti kita lihat sekarang di internet, semua orang dengan mudah mengakses, mengirim dan mencari informasi diluar negeri.

d. Nircable (Jaringan Tanpa Kabel)

Nircable adalah Jaringan tanpa kabel atau media yang menggunakan jaringan wireless yang mana terbagi atas 2  yaitu :
~ RF              ( Wifi dan Bluetoot )
~ Cahaya       ( Infra Red )
Previous
Next Post »