cara membuat web menggunakan cms wordpress

Langkah langkah membuat blog/web menggunakanwordpress 

Jika anda membuat blog/web menggunakan WordPress memang gratis baik dari domain maupun hosting. Terutama hal yang harus diketahui: tentunya sesuatu yang gratis tidak akan pernah di beri akses penuh dan masih banyak batasan, Dengan wordpress gratis di wordpress.com Anda tidak bisa lebih mendalam dalam mempelajari WordPress, baik dari themes wordpress, plugin wordpress maupun optimasi SEO WordPress itu sendiri. Dengan Anda menginstall WordPress di Hosting pilihan Anda Sendiri atau yang sering disebut dengan WordPress Self Hosted Anda bisa mempelajari wordpress secara penuh tanpa batasan apapun. Tapi jika Anda ingin belajar wordpress Self Hosted secara full tapi anda masih belum ingin membeli hosting seacara langsung, Anda masih tetap bisa belajar yaitu dengan cara offline, WordPress bisa anda install di komputer atau laptop Anda tanpa terhubung dengan Internet.

Cara Install WordPress di Localhost :

  1. Download WordPress terbaru di wordpress.com
  2. Extract file wordpress di folder htdoc Xampp anda dan beri nama folder (desa/sesuai keinginan.)
  3. Start Xampp Apache & MySQL 
  4. Buka aplikasi browser yang anda gunakan, seperti firefox atau chrome
  5. Ketik di url address localhost/phpmyadmin dan Enter. Buat database baru dengan nama (desa/sesuai keinginan) dan klik create. Seperti gambar di bawah ini.
  6. kemmudian Ketik di url address localhost/desa dan tekan Enter, maka akan muncul seperti gambar di bawah ini lalu klik Create Configuration File.
  7. Setelah itu akan muncul ucapan selamat datang dari wordpress dan ada informasi tentang Nama basis data, Nama pengguna basis data, Kata sandi basis data Host basis data dan  Prefix tabel. Langsung klik Ayo!
       
  8. Isi Nama basis data dengan nama db_desa, Nama pengguna dengan nama root, untuk Password dikosongi aja. Host basis data isi dengan nama localhost Prefiks tabel isi dengan wp_neuheun. Setelah itu kirim.
         
  9. Langkah terakhir yaitu mengisi Informasi yang di butuhkan untuk masuk ke dalam dasboard admin website wordpress. Judul situs isi dengan Desa neuheun, Nama pengguna dan password isi aja dengan admin atau isi sesuai keinginan anda, isi email dengan email anda dan terakhir centang Privacy dan klik install wordpress.

  10. jika sudah selesai mengisntal maka akan mucul gambar seperti dibawah ini.

    Berikut adalah langkah install wordpress secara offline atau localhost, semoga artikel diatas membantu dan bermanfaat buat anda. 
Previous
Next Post »