Mengenal Bahasa Pemrograman Pascal Bagi Pemula


Pascal adalah bahasa pemrograman yang pertama kali di buat oleh Profesor Niklaus Wirth, seorang anggota International Federation of Information Processing (IFIP) pada tahun 1971. Dengan mengambil nama dari matematikawan PerancisBlaise Pascal, yang pertama kali menciptakan mesin penghitung, Profesor Niklaus Wirth membuat bahasa Pascal ini sebagai alat bantu untuk mengajarkan konsep pemrograman komputer kepada mahasiswanya. Selain itu, Profesor Niklaus Wirth membuat Pascal juga untuk melengkapi kekurangan-kekurangan bahasa pemrograman yang ada pada saat itu.
Bagi kebanyakan mahasiswa ilmu komputer / teknik informatika, besar kemungkinan bahwa Pascal adalah bahasa pemrograman pertama yang anda pelajari. Pascal memiliki aturan pemrograman terstruktur sehingga cocok digunakan untuk mempelajari algoritma dan pemrograman komputer, terutama untuk pemula. Pascal juga bahasa pemrograman yang digunakan dalam Olimpiade Sains Nasional bidang komputer.
Bahasa PASCAL juga merupakan bahasa yang digunakan sebagai standar bahasa pemrograman bagi tim nasional Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI). Selain itu, Bahasa PASCAL masih digunakan dalam IOI (International Olympiad in Informatics).
Jika anda ingin mempelajari algoritma dan pemrograman komputer dari dasar, maka Pascal adalah bahasa pemrograman yang tepat. Setelah menguasai struktur dan aturan penulisan Pascal, anda bisa lanjut mempelajari bahasa pemrograman lain seperti C, C++, C# atau Java.
Oleh karena itu, dunia ilkom (ilmu komputer) ingin menyajikan tutorial belajar bahasa pemrograman pascal yang ditujukan bagi pemula. Dalam halaman ini, kami meng-index seluruh tutorial dan artikel Pascal di dunia ilkom:
Dalam bahasa Pascal terdapat beberapa jenis tipe data yang bisa digunakan untuk sebuah variabel atau konstanta pada program. Tipe Data tersebut antara lain adalah
Tipe DataDeskripsi (range variabel)
Byteangka dari 0 sampai 255
Integerangka dari -32768 sampai 32767
Realsemua nilai pecahan dari 1E-38 sampai 1E+38
Booleannilai TRUE atau FALSE
Charsemua karakter dari tabel ASCII
Stringsemua huruf, spasi, frasa
Setelah memahami struktur dasar bahasa pemrograman Pascal, dalam bagian ini kita akan membahas lebih jauh tentang tipe data yang ada di dalam Pascal. Pascal mendukung berbagai tipe data bawaan, yaitu: integer, real, char, boolean, dan string. Serta tipe data bentukan:enumeration, subrange, array (larik), record dan pointer.
Previous
Next Post »