RANGKUMAN PERTEMUAN III

MOBILE APPLICATION TECHNOLOGY


Mobile Computing adalah suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan aplikasi pada piranti berukuran kecil,portable, dan wireless serta mendukung komunikasi.Di antaranya:
  • mobile phone
  • Wearable computer
  • Personal Digital Assistant (PDA)
  • Smartphone
wearable computer merupakan Suatu computer yang “ditanamkan /embedded” di dalam sebuah peralatan yang dapat digunakan oleh manusia.
PDA adalah suatu gadget yg berfungsi layanknya PC yg berukuran kecil sehingga dapat di bawa kemana pun.


  PDA (Personal Digital Assistant )                                             Wearable computer
               

 

APPLICATION DEVELOPMENT:
  • NATIVE APPLICATION
  • HYBRID APPLICATION
  • MOBILE WEB APPLICATION

NATIVE APPLICATION merupakan aplikasi yang berjalan pada perangkat mobile dan di akses  melalui ikon yang ada pada  layar perangkat  anda, aplikasi ini biasanya di kembangkan secara khusus untuk 1 platform, dibuat dengan bahasa pemograman tertentu untuk berjalan pada suatuplatform.

 Bahasa pemograman yang digunakan:
  1. IOS dibuat dengan bahasa pemograman objective-C
  2. ANDROID dengan java
  3. BLACKBERRY dengan java dan
  4. WINDOWS phone dengan visual C++,.net

HYBRID APPLICATION merupakan Aplikasi mobile yang di buat dan di tanam(install) langsung di dalam device, menggunakan bahasa pemograman webs yang di gabung dengan bahasa yang selayaknya di gunakan untuk membuat aplikasi pada device yang di tuju.Dan beberapa fitur ditulis dalam bahasa pemograman yang sesuai dengan device tujuan yang menggunakan halaman HTML.


HYBRID = NATIVE + MOBILE WEB




MOBILE WEB APPLICATOIN Sebuah aplikasi berbasis web yang di jalankan menggunakan browser yang ada pada perangkat dan biasanya di tulis menggunakan HTML5. jenis ini sama seperti aplikasi web pada umumnya. Mobile web dibuat dengan HTML5,CSS3,Java script Dan server-side languages, seperti PHP.
KESIMPULAN 

NATIVE APPICATION dan HYBRID APPLICATION adalah aplikasi yang ada pada aplikasi store(IOS) dan PLAY STORE(ANDROID),sedangkan web application adalah sebuah halaman web 
yang di optimasikan menyerupai aplikasi mobile.
HYBRID APPLICATION dan WEB APPLICATION DIRENDER menggunakan halaman HTML,namun aplikasi HYBRID menggunakan browser yang di tanam pada aplikasi tersebut.
 MOBILE WEB APPICATION 


Pengembangan  web mobile terdiri 2 jenis
- MOBILE WEB APPLICATION
- RESPONSIVE WEBSITE

RESPONSIVE WEBSITE merupakan website yang bisa menyesuaikan tampilan layoutnya berdasarkan ukuran viewport dari device yang di gunakan mulai dari smartphone,tablet atau computer screen.
KELEBIHAN:
- Memiliki 1 website yang bisa di akses oleh berbagai device berukuran layar yang berbeda-beda
- Dengan hanya memiliki 1 website tentu lebih hemat biaya 
- Dengan hanya memiliki 1 website hanya butuh 1 alamat domain

KEKURANGAN:
- Loadingnya lebih lama di bandingkan dengan mobile web
- Mengganggu penempatan banner iklan,posisi banner iklan harus jelas terpengaruh dengan sifat           responsive web yang menyesuaikan layoutnya berdasarkan ukuran layer devicenya.
MOBILE WEBSITE Secara prinsip adalah sama dengan website secara umum,yang dibuat dengan    HTML, CSS, java script, PHP. Namun perbedaannya adalah mobile website dibuat agar optimal untuk  ukuran layar mobile device seperti smartphone atau tablet.

KELEBIHAN
- Membuat mobile website tidaklah serumit membuat responve website
- Untuk news dan publikasi website kita bisa melakukan customissasi agar berita yang paling                 update,berita pating saja yang ditampilkan di mobile website
- Sejak awal di akses melalui smartphone dengan layar relative kecil, sehingga pengguna akan mendapatkan user experience maksimal

KEKURANGAN
- Memiliki 2 URL yang berbeda
- Memiliki mobile website ada 2 website yang berbeda harus dimaintain
- Mobile website di buat untuk 1 ukuran layar


RESPONSIVE VS MOBILE WEBSITE

















Cara untuk membuat website dengan jenis responsive


FOUNDATION

salah satu responsive framenewrk, dengan foundation pembuatan tamplate yang lebih mudah dan cepat. membuat versi desktop dan mobile jauh lebih optimal dan tidak berantakan.
Link websitenya: http://foundation,zurb,com/

GUMBY

merupakan framenewrk pembuatan tamplate yang fleksibel, GUMBY menggunakan SASS, pengembagan dari CSS3. membuat template responsive untuk desktop maupun mobile.
Link websitenya: http://gumbyframework.com/

BOOTSTRAP

Bootstradikenal lebidekadengan nama Twitter Bootstrap, Bootstrap menjadi populer dan banyak website yang menggunakan twitter bootstrap ini. Sama dengan framework lainnya dengan bootstrap Anda bisa membuat jenitampilawebsitapapuyanAndinginkan.    
Link websitenya: http://twitter.github.io/bootstrap/

UNISEMANTIC

Unsemantic melanjutkan 960grid system, dibangun menggunakan SASS dan Compas, Dengan bantuan adaptjs membuat tampilan website Anda menjadi responsive. Unsemantic pun support cross browser
Link website: http://unsemantic.com/

SKELETON

Skletobukahanya  sebagai  framework,  tapi benar-benar  mendudukan dirinya sebagai kerangka kerja, dan acuan kerja. Sehingga pembuatan halaman website jadi jauh lebih cepat. Tersedia untuk semua tipografi, grid, button, alat-alat yang Anda butuhkan dalam mendesain halaman website.
Link website : http://www.getskeleton.com/


HTML5 BOILERPLATE

Dengan boilerplate Anda bisa membuat halaman html5 menjadi sangat cepat dan mudah. Dan  disupport oleh  banyak browser modern.
Link website : http://html5boilerplate.com/

HTML KLICKSTRAT

HTML Kickstart adalah ringan, dan ramping. Kickstart menjanjikan pekerjaan yang lebih cepat bisa dilakukan oleh para pengembang user interface, yang tidak hanya melulu halaman html biasa
Link website: http://www.99lime.com/elements/


SPROUTCORE

Sproutcore merupakan kerangka kerja front end, yang berfungsi untuk membangun aplikasi berbasis HTML5 dengan sangat cepat. mengikuti pola arsitektur MVC, yang biasanya diterapkan kedalam framework server scripting.
Link website : http://sproutcore.com/


LESS FRAMEWORK

Less framework merupakan sebuah kerangka modern yang berfungsi untuk membangun desain halaman yang responsive, Less framework memiliki 4 jenis responsive yakni Desktop, tablet, handphone, dan mobile
Link website: http://lssframerakwork.com/


Cara Untuk Membuat Website Dengan Jenis Mobile Aplikasi
J-QUERY MOBILE

framework pengembangan mobile yang kuat untuk membangun aplikasi lintas-mobile-platform. jQuery Mobile mendukung berbagai platform yang berbeda, dari desktop biasa, ponsel pintar, tablet, atau perangkat e-reader.
Link website : http://jquerymobile.com

CORDOVA/PHONEGAP

memungkinkan kita membangun aplikasi mobile tanpa bahasa pemrograman asli; sebaliknya kita dapat menggunakan kerangka seperti jQuery Mobile. Ini akan mengkompilasi aplikasi Anda menggunakan SDK platform dan akan siap untuk diinstal pada platform mendukung termasuk iOS, Android, Windows Phone, Blackberry dan Web OS.
 Link : https://cordova.apache.org/

Previous
Next Post »